Cara meredakan marah!

Yo readers!


Boong kalo dari lu semua ada yang ga pernah marah. Lu-lu pada pasti pernah marah. Entah marah sesaat, pura-pura marah, atau marah berlebihan sampe pengen bunuh orang.  Dan lu-lu pada pasti tau kalau marah punya dampak negatif yang besar. Mulai dari buang-buang tenaga sampai menghilangkan akal sehat. Hmm.

Udah tau kalo marah itu buruk, kok masih dilakuin?


(Readers: Wahai Author Gendeng, kami mohon bercerminlah.)


Sekarang, aku kasih ide-ide ajaib yang bisa meredakan marah kalian. Sudah diuji. Nggak semuanya berhasil. Tapi ada yang 100% mujarab. Boleh di scroll down untuk info lebih lanjut.



1.  Cara tenang
Kuncinya, kepala harus dingin. Dengan cara masukin kepalamu ke freezer. Setelah beku, diserut, lalu diberi sirup. Makan selagi dingin. Boleh ditambah topping lain sebagai tambahan. Selengkapnya, baca panduan singkat bunuh diri bagi es pemula, versi es serut.

(Salah)
Tarik nafas dalam-dalam, lalu buang pelan-pelan. Cuci muka dengan air dingin yang segar.  Cari bantal, lalu peluk. Pejamkan mata. Lupakan hal-hal yang bikin kamu sebel. Bayangkan hal-hal indah. Untuk sementara, lupakan orang yang bikin kamu sebel. Seharian, hindari pikiran tentang orang tersebut. Besoknya, usahakan buat mentolerir kesalahan dia. Teliti lagi sebab-sebabnya. Dengan begini, kemarahanmu kemungkinan besar mereda, apalagi kalo yang bikin kamu marah juga udah minta maaf.

2. Cara kasar
-Tonjok sesuatu. Bantal, atau tembok. Hati-hati tangan luka.
-Pukul-pukul keyboard
-Corat-coret kertas bekas
Dan cara lainnya dengan mengandalkan kekuatan emosi. Ikutin aja emosi kamu, lakukan apa yang mau kamu lakukan. Cara ini efektif, tapi buang-buang tenaga.

3. Cara Iseng
Balas orang yang bikin kamu marah. Entah hajar dia, omelin dia, cuekin dia, atau isengin dia habis-habisan. Dalam kata lain, balas dendam. Cara ini efektif, tapi mengundang masalah.

4. Cara Asyik
Lakukan hobimu. Gambar, menulis, main game, berkhayal, nyari fanart, atau apalah. Terus lakukan sampai kamu hanyut dalam kegiatan, dan melupakan kekesalan. Dengan cara ini, kamu bisa juga menghasilkan komik, cerpen atau hal lainnya. Cara ini efektif dan menguntungkan.

5. Cara dingin
-minum minuman dingin
-mandi air dingin, jangan lupa keramas biar seger
-ngadem di tempat AC sambil tidur atau dengerin lagu
-makan es krim
Kurang efektif, tapi seru. Suhu yang dingin emang bisa membantu mendinginkan kepala sih.

6. Cara kompromi
Renungin lagi. Ingat hal-hal baik yang udah diberikan orang yang kamu sebelin. Ingat masalah apa yang terjadi, ingat apakah itu termasuk salahmu juga atau bukan. Pikirkan apakah ada dampak positif dari masalah ini. Bayangin apa yang akan terjadi kalo dia nggak ada. Cara ini efektif, tapi agak susah dilaksanakan.


7. Cara Curhat
Cari orang yang bisa kamu percaya. Ceritain semuanya ke dia. Pastikan dia bisa ngasih kamu solusi yang tepat dan menyemangati kamu. Cara ini efektif, kecuali bagi orang yang 'bukan tipe suka curhat' kayak saya /slap


8. Cara 'kembali ke alam'
Lihat keluar. Lihat langit, lihat kehijauan alam. Hirup udara segar. Petik daun, terbangkan di udara. Anggap daun itu adalah masalahmu, yang akan pergi meninggalkanmu. Kalau bisa, sekalian naik ke balkon atau atap, terus pandang pemandangan langit. Pemandangan bisa bikin hati makin tenang. Cara ini efektif kok.


9. Cara cuek
Lupain semua masalah seolah mereka nggak pernah ada. Tidur, dan lupakan semuanya. Ulang semuanya dari awal, seolah tak terjadi apapun.


10. Cara Islami
Wudhu, Sholat, Dzikir, Baca Qur'an. Dijamin bisa mengurangi kemarahan. Baca istighfar berkali-kali, otomatis kalian bakal tenang. Dijamin.



Oke kan? Oke aja deh. Emang oke kok. Oke?


Ngomong apa seh.

Sebenarnya, cara menghilangkan marah yang gampang tuh no.9. Ga ada luka, dan waktunya singkat. Tapi bagi beberapa orang, susah dilaksanakan. Ini merupakan keuntungan buat seseorang yang gampang mentolerir kesalahan seseorang, termasuk saya :3


(Readers: TERUS LGD ITU MAKSUDNYA APAAA *siapin peluru*)

Emang aku pernah cerita kalo aku beneran marah sama orang? Bukannya LGD itu ga ada pentingnya ya? :D

(Readers: *kiroheadshoot*)

Pokoknya, kalo kamu marah, buang jauh-jauh rasa marah itu. Karena, orang yang kamu sebelin, suatu saat pasti akan berguna buat kamu. Pasti. Walaupun gunanya cuma 'menambah warna hari-harimu'. Marah itu merugikan readers. Kalo cemberut, syaraf-syaraf kita bakal tertarik. Mulut jadi gampang pegel, organ lain terganggu. Hindari marah ya, readers!

Take more happiness, Kironase off!

*nguap lebar*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sketsa Dragon Warrior (not by me) + bonus foto Code Lyoko

Bantuin nyari judulnya dong, ga ada ide nih

Merah dan Biru