S O U L S

Yo readers!

Kalian udah tau warna jiwaku merah, kadang-kadang ijo. Padahal dari gaya hidup biasanya aku identik dengan warna biru atau kuning. Jadi sebenarnya Kiro itu warna apa?
¯\_(ツ)_/¯
Bacotan ini berkaitan dengan Undertale. Mungkin kalian nggak akan paham tanpa main gamenya, tapi akan kubuat ini jadi bahasan umum.

Aku terinspirasi dari lagu-lagu ini! Link ke tiap lagu juga ada di bawah.
Untuk bahasan canon Undertale, klik disini. Karena ini pure bacotan sendiri.
Silahkan test dulu supaya lebih nyambung! Ada banyak quiz tapi aku mau rekomendasi yang ini. Di quotev banyak banget asli.

Hayo kalian yang mana

PENGARUH SOUL TRAIT PADA KEHIDUPAN MANUSIA

Karya Ilmiah
Diajukan untuk memenuhi tugas
Posting di Blog
Kironase

BAB I

1.1 Latar Belakang

Menurut buku yang kubaca Undertale, semua orang mempunyai warna SOUL yang berbeda-beda. Semua jenis SOUL mempunyai arti masing-masing yang berkaitan dengan sifat orang itu sendiri. Ketika Penulis berkeliling Youtube, Penulis menemukan lagu berdasarkan SOUL yang menginspirasi Penulis. Dalam Karya Ilmiah ini, Penulis akan membahas tentang berbagai jenis SOUL dan aplikasinya dalam kehidupan.

BAB II

2.1 Kajian Teori

2.1.1 Jenis-jenis SOUL

A. Determination
Kebulatan tekad. Manusia dengan SOUL Determination punya mental baja, ditimpuk batu nggak akan bonyok. Determination itu adalah ketika semua orang berusaha mengubah dirimu, tapi kamu teguh. Determination itu ketika sekelilingmu berubah, ketika sekelilingmu jatuh, ketika dunia hancur di sebelahmu, tapi kamu tetap tangguh berdiri. Nggak semua Determination baik. Justru ketika jahat, nggak ada yang bisa menghentikan. Orang dengan SOUL ini harus bisa mengarahkannya untuk kebenaran.
Satu-satunya cara untuk mengalahkan Determination adalah untuk menguranginya, yang nggak akan mungkin, karena dia Determination!
Determination itu: pantang menyerah, idealis, dan loyal!




B. Bravery
Bravery itu berani. Bravery itu cari masalah, cari ribut, cari mati. Tapi Bravery juga yang melindungi. Ketika semua orang berceloteh tanpa bergerak, Bravery selalu ambil langkah pertama menuju perubahan. Bravery melindungi dunia yang hanya bisa mengintip dari balik tirai tanpa mau mengotori tangan. Tindakan Bravery seringkali dilihat tidak rasional. Bencilah Bravery. Bravery berani dibenci, berani dicaci, nggak ada takutnya sama sekali. Karena SOUL ini tau, nggak ada apapun tanpa keberanian. 
Bravery dekat dengan kematian, tapi memang itu yang mereka cari. Bravery menghilang dengan sendirinya, dan hanya itu cara menghapuskannya.
Bravery itu: gesit, petualang, dan bersemangat!

 C. Justice
Keadilan selalu dipandang tinggi. Justice yang bertindak sebagai pahlawan tidak akan pernah dipandang buruk. Justice adaah keberanian dengan asas, kebaikan terselubung dalam aturan. Justice berada di atas semua orang, melindungi mereka, memberikan kesetaraan demi kemakmuran. Justice membalas yang perlu dibalas, menolong yang perlu ditolong, membunuh yang perlu dibunuh.
Hanya manipulasi yang bisa mengalahkan Justice. Tapi ketika Justice menyadari sesuatu yang aneh, tidak akan ada yang lolos dari Justice.
Justice itu: pemimpin, perkasa, dan punya prinsip!



D. Kindness
Karena pada akhirnya, pahlawan pasti melakukan kebaikan. Kindness tidak akan menyerang. Kindness lebih memilih melakukan sesuatu yang mengubah hati. Kindness akan mencari cara lain ketika semua orang menyerang, ketika semua berusaha membunuh, Kindness bertindak sebagai perisai untuk melindungi. Pemilik SOUL ini bisa melihat kebaikan bahkan pada makhluk jahat sekalipun, setidaknya Kindness percaya bahwa mereka bisa merubahnya.
Pengkhianatan adalah cara terbaik membodohi Kindness. Walaupun pada akhirnya Kindness akan tetap percaya bahwa kau bisa menjadi orang baik...
Kindness itu: ramah, anti-kekerasan, dan rendah hati!

E. Patience
Semua hal terbaik butuh kesabaran. Ketika semua orang sibuk ingin tampil pertama, Patience  sabar menunggu giliran terakhir untuk menampilkan yang terbaik. Ketika dunia ini sibuk bertengkar satu sama lain dan kamu menolak memperkeruh suasana, itulah Patience. Nggak rusuh. Nggak ricuh. Menunggu semuanya berlalu, baru mereka berjalan. SOUL ini pasif. Patience bukan penyerang di depan. Patience akan ada di sini ketika orang-orang pulang perang, siap menunggu keadaan kembali seperti semula.
Buat Patience melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan, buat mereka bergerak tak berhenti. Patience akan habis dengan sendirinya.
Patience itu: penuh harapan, sebenarnya sangat kuat, dan damai!


Kejujuran selalu ada. Semua orang punya setidaknya sedikit Integrity. Ketika kamu siap tampil di depan dengan gayamu, Integrity muncul. Ketika semua orang sibuk dengan topeng masing-masing, Integrity membuka topengnya dan melompat ke atas panggung dunia. Integrity itu panutan, sorotan, tempat tertuju semua pandangan. Karena semua orang berbeda, karena semua orang tau setidaknya sedikit dari dirinya masing-masing dan ingin dilihat sebagai dirinya. Itulah Integrity.
Integrity dikalahkan dengan indoktrinasi.  Paksa menjadi bentuk yang sama dan tidak unik adalah saat ketika Integrity menghilang.
Integrity itu: apa adanya, percaya diri, dan unik!


G. Perseverance
Ketika tekad tidak cukup, maka ketekunan yang paling penting. Perseverance melihat ke semua orang, Perseverance melihat dunia, dan mempelajari cara kerjanya untuk menaklukannya. Perseverance bukan cuma punya tekad, tapi punya ilmu. Perseverance tau kapan harus bertindak, kapan menyerang, kapan menunggu. Pemilik SOUL ini dapat keluar bahkan ketika diperangkap, karena mereka tau apa yang harus mereka lakukan.
Perseverance dikalahkan dengan Perseverance lain. Yang lebih kuat, lebih gesit, yang mampu melihat strategi yang lebih baik.
Perseverance itu: pintar, perfeksionis, dan logis!


Kalian semua tau aku gabungan Determination dan Kindness, tapi Determination lebih dominan. Riv dan Taghisa juga Determination. Kita bocah-bocah batu haha! Khs Perseverance, sasuga. Kiiroi Patience dan menurutku itu keren.

Bukan cuma 7 warna ternyata. Aku nemu di tumblr, ada beberapa SOUL fanmade yang keren-keren. Traitnya mungkin nggak beda jauh, tapi bisa jadi lebih relatable?

Kalo dari sini kayaknya aku jadi tolerance...

Readers sendiri, punya SOUL apa? Ayo comment!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

sketsa Dragon Warrior (not by me) + bonus foto Code Lyoko

Bantuin nyari judulnya dong, ga ada ide nih

Merah dan Biru