Capek, CAPEK!

Now Playing: Kumono Tsuki-Song of Robot's ear/Mimi no aru Robot no Uta


Bentar, kayaknya NP-nya kaga cocok -_-
Oke, lupakan.

Sekolah.

Iya, sekolah. Sesuatu yang bisa jadi menyenangkan, bisa jadi kayak penjara. Penjara. Sengaja diulang biar suspense. Majas Repetisi, aw yeah!! 

Ehem, Sori. Lagi gila.


Aku masih inget, pas kelas 6, aku ngerasa seneng banget karena aku mau masuk Nurul Fikri. Yang ada di bayanganku itu sekolah gede, fasilitas lengkap, taman sekolah yang bagus, kegiatan yang seru, dan berbagai hal yang menyenangkan lainnya. Apalagi, itu sekolah Islam yang lumayan ngetop dan keimananku pasti bertambah disini. Satu lagi, aku masuk sekolah yang sama bareng sahabatku di SD, Sou-chan....

Tapi, setelah lebih dari 1 tahun disini, aku sadar. Sekolah ini ga sebagus kelihatannya. Awalnya sih iya, sekolah ini keren. Tempatnya juga nyaman. Enak lah. Tapi semua berubah ketika kurikulum 2013 menyerang.

Sekarang, nih sekolah penjara banget. Jalan antara SD sama SMP aja dibatasin. Padahal, itu kan jalan pintas yang sangat strategis (He?). Jalan sebelah kantin (atau mungkin jalan utama buat para murid dari pager depan ke gedung sekolah) sama kantin dibatasin sama taneman. Mending kalo tanemannya bagus dan enak dilihat. Lan, ini malah ditaro pot-pot dengan taneman gaje yang menurutku ga cocok buat ditaro disana. Terus, biasanya kalo ada acara, tanemannya dipindahin biar para tamu gampang lewat. NF licik. Licik banget.


Tahun lalu, kita sekolah sampe jam 2, abis itu ada kegiatan tambahan (mentoring, forum, ekskul dan pramuka) sampe Ashar (jam setengah 3, WIB ya). Khusus Jum'at, sekolah cuma sampe jam 11, terus ada kegiatan pilihan, eksplorasi lab mandiri, dimana kita boleh bebas ngacak ngacak Lab IPA, Senbud, maupun TIK dan E-learning. Ini kesempatan emas buat main game bareng-bareng. BIasanya aku main bareng Khs, Kiiroi, Rehme, Sou-chan, Tomat, Cecey, Veneyey, Edzkeyey, de el el. Pokoknya rame abis. Kita main banyak game, nonton video, fangirling, teriak teriak rusuh, dan sibuk sendiri di TIK kalo nggak E-learning. Seru abis.

Sekarang? Jangan harap. Sekarang, ga ada kegiatan tambahan di akhir pelajaran, tapi kita tetep belajar sampe Ashar. Semua kegiatan tambahan dipindahin ke hari Jum'at, Dan ga ada lagi Eksplorasi. Jum'at kita jadi belajar sampe Ashar karena ditambah 1 jam istirahat, setengah jam mentoring, dan sisanya milik pramuka. Kita pramuka jadi 2 jam. Padahal dulu kelas 8 ga wajib ikut pramuka. Karena semua materi pramuka udah diajarin pas kelas 7, jadi pramukanya ga penting. Harusnya kita ga usah ikut, tapi kalo nggak ikut kita bakal dilaporin dan masalah selanjutnya bisa berhubungan dengan di-DO. Mau ga mau deh.


Source: Pixiv


Terus, sekarang Tim KDS (Tim kedisiplinan siswa) ada dimana-mana. Masbuq takbiratul ihram, dicatet terus dilapor. Main air, dicatet, dilapor. Makan-minum berdiri, dicatet, dilapor. Padahal, aku pernah liat tim KDS sendiri makan-minum berdiri. Padahal aku pernah liat tim KDS bawa HP. Padahal kalo anak biasa yang bawa HP dan ketauan, bakal disita dan baru dibalik waktu bagi rapor. Bahkan walaupun itu emang disuruh orang tua, judulnya tetep aja GA BOLEH. Pake caps biar suspense.

Di sekolahku, telat takbir pertama aja dicatet jadi masbuq, terus dipanggil guru. Padahal, aku sering ngeliat guru, bahkan kepala sekolah (dibold, biar suspense) masbuq 2 rakaat. FYI, di sekolahku, Murid HARUS (pake caps, bi...../readers: *glare*/Aku: sip ._.b) dateng minimal 5 menit sebelum shalat mulai. Sedangkan guru, TELADAN. TElat datang puLAng DuluAN. Dan itu ga masalah buat guru. Bahkan mau dateng setelah shalat selesai juga no problem. Murid? Dateng harus cepet, baliknya belakangan, karena harus gulung karpet dulu. FYI, Karpet buat sholat itu yang gelar pada murid, dan yang ngegulung juga para murid. Kurang asem.

Satu lagi Ironi, Murid ngobrol dan ketangkep KDS lagi sibuk sendiri waktu sebelum/sesudah sholat, bakalan dicatet, dilapor, dipanggil. Dan aku pernah ngeliat kepala sekolah ngobrol abis sholat. Abis itu, langsung ngabur tanpa ba-bi-bu. Disaat itu gue cengo.




Aku mencari sesuatu yang bernama 'keadilan'. Apakah kau pernah melihatnya?





Yah, mau gimana lagi. Aku udah terlanjur masuk sini. Seenggaknya aku masih punya semangat buat ngelangkahin kaki ke sekolah karena temen-temenku.




Mungkin sedikit pesan buat kepala sekolah:

Pak, kalo mau murid yang sempurna, sekolahin robot aja sana.

Oke? Bapak senang, kita santai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sketsa Dragon Warrior (not by me) + bonus foto Code Lyoko

Bantuin nyari judulnya dong, ga ada ide nih

Merah dan Biru