ranking is everthing? gimana kalo nggak?

"Kamu boleh ol, kalo nilai kamu bagus"

Oke, bagus itu relatif. bagiku, nilaiku udah lumayan bagus kok. Lagian kenapa sih, kok kayaknya ranking itu penting banget? Hidup kita tergantung ranking? Kalo mau makan enak rankingnya harus bagus? Kalo mau punya banyak temen, rankingnya harus bagus? Gitu?


gimana kalo nggak?


"Nilaimu turun"

Turun darimananya? Guru sendiri bilang nilaiku naik kok, tapi yang lain juga pada naik, rankingku turun deh. Jadi, kita pinter tergantung orang lain? Anak anak kelas? Gitu?


gimana kalo nggak?


Ranking kan cuma angka! Lagian, jangan terlalu lebay juga kalo belajar. Santai juga penting. Kan di sekolah belajar udah seharian lebih, dapet PR, tugas, hafalan, dan kawan kawannya, di rumah mending nyantai. Daripada pinter tapi stress, menurutku lebih baik biasa tapi hidup tanpa tekanan.


dan, cita citaku itu penulis, programmer dan koki. Itu butuh kepintaran? Butuh ranking tinggi?


nggak.



itu lebih membutuhkan bakat daripada kepintaran. Lebih butuh kelincahan tangan, kecepatan berpikir, dan kekreatifan daripada hal sejenis 1+1=2 atau majas hiperbola adalah lalalalalala, atau dengan memberi sekian gaya kepada benda ini maka blablablablabla. Huh.




Jangan jadi pemaksa, all. Sebisanya aja, ga usah dipaksain. Dan kamu bisa sukses bukan cuma karena kepintaran, tapi karena bakat. Ga tau bakatmu apa? Semua punya bakat kok. Bahkan jago main game, jago makan, atau mungkin ngerusakin barang itu bisa masuk 'bakat'. Dan bakat tiap orang ga cuma satu. Kepintaran penting, tapi bakat lebih penting.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

sketsa Dragon Warrior (not by me) + bonus foto Code Lyoko

Bantuin nyari judulnya dong, ga ada ide nih

Merah dan Biru